Bogor, Tahun ini tepatnya 24 September 2014 Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM) berulang tahun ke- 17. Untuk memperingati ultah FKKM yang ke 17, Seknas menggelar kegiatan Refeksi – Kehutanan Masyarakat, FKKM, dan Kehutananan Indonesia bertempat di IPB International Conventional Center (IICC) Bogor.

Hal itu disampaikan Sekretaris Eksekutif Nasional – Andri Santosa di Sekretariat FKKM Gedung Kusnoto Pusat Penelitian LIPI Bogor. Menurut Andri, pada Ultah ke-17 tersebut FKKM mengundang sejumlah lembaga yang mempunyai kepedulian terhadap hutan khususnya Kehutanan Masyarakat untuk melakukan Refleksi dan kemudian membangun Kehutanan Indonesia ke depan.

FKKM didirikan pada tanggal 24 September 1997 sebagai wadah pertukaran informasi isu kehutanan masyarakat dan kebijakan kehutanan Indonesia, FKKM membantu merumuskan gagasan program, gerakan menuju pengembangan masyarakat. FKKM berperan sebagai pendorong gerakan menuju cara pandang kehutanan Indonesia.

Dalam 17 tahun usianya, FKKM mengajak para pihak untuk me-refleksikan gerakan Kehutanan Masyarakat di Indonesia. Kemudian bersama-sama membangun Kehutanan Indonesia yang lebih baik dan lebih adil agar masyarakat lebih sejahtera dan pengelolaan hutan dapat berkelanjutan.