Oleh: Arif Aliadi

Kemitraan merupakan salah satu skema pemberdayaan masyarakat yang menjadi mandat PP No.6 tahun 2007 jo PP No. 3 tahun 2008 tentang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan, serta Pemanfaatan Hutan. Peluang untuk mengembangkan kemitraan ada pada kawasan hutan yang dikelola dengan system KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan).
KPH memiliki peran strategis dalam rangka implementasi UU No. 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan dalam rangka membentuk Wilayah Pengelolaan Hutan sebagai salah satu bagian dari Perencanaan Kehutanan. KPH diharapkan menjadi sistem yang dapat lebih menjamin terwujudnya kelestarian fungsi dan manfaat hutan dari aspek ekonomi, ekologi, dan sosial.

Kemudian, secara teknis pembangunan KPH diatur dalam sejumlah Peraturan Menteri sebagai berikut:

 Permenhut No. P.6/Menhut-II/2009 tentang Pembentukan Wilayah KPH
 Permenhut No. P.6/Menhut-II/2010 tentang NSPK (Norma, Standard, Prosedur dan Kriteria) Pengelolaan Hutan pada KPHL dan KPHP
 Permendagri No. 61 tahun 2010 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja KPHL dan KPHP
 Permenhut No. P.41/Menhut-II/2011 jo Permenhut No. P.54/2011 tentang Standar Fasilitasi Sarana dan Prasarana pada KPHL dan KPHP Model
 Permenhut No. P.42/Menhut-II/2011 tentang Kompetensi Teknis Bidang Kehutanan Pada KPHL dan KPHP

Berdasarkan Permenhut No. P.6/Menhut-II/2010 maka KPH dimandatkan untuk membuat blok-blok pengelolaan hutan yang memungkinkan terjadinya kolaborasi antara Pengelola KPH dengan masyarakat. Pada KPHL, ada Blok Pemanfaatan di KPHL yang di dalamnya mencakup Ijin Pemungutan, HKm, HD, dan wilayah tertentu. Sedangkan pada KPHK ada Blok Pemberdayaan yang di dalamnya mencakup Ijin Pemanfaatan, HKm, HD, dan Wilayah Tertentu.

Kebijakan kemitraan dalam KPH

 Permenhut No. 39 tahun 2013 tentang Kemitraan dalam Pengelolaan Hutan
 Permenhut No. 47 tahun 2013 tentang skema penugasan KPH
 System bloking: blok pemberdayaan di KPHP, blok pemanfaatan di KPHL, blok pemanfaatan tradisional di KPHK

skema kemitraan yang bisa dilakukan dalam perhutanan sosial bersama KPH tercakup dalam tabel berikut
kemitraan-dan-kph_002