Pokja Konservasi(Kelompok Kerja Kebijakan Konservasi) adalah sebuah kelompok kerja yang mempunyai perhatian dan bekerja secara nyata terhadap upaya perubahan kebijakan konservasi di Indonesia, salah satunya adalah Revisi UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pada 2015, Pokja Konservasi menggalang petisi #kakatuabotol melalui Change.org hingga kemudian Komisi IV DPR RI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sepakat menjadikan Revisi UU No. 5/1990 menjadi
bagiandariProlegnas Prioritas 2017.
 
KLHK kemudian membentuk Tim Penyusun RUU Penyempurnaan UU No. 5/ 1990 yang melibatkan Pokja Konservasi yang menyusun Draf RUU dan mengadakan Konsultasi Publik di enamwilayah di Indonesia. Pada 25 Mei 2016, Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR RI dan KLHK menyepakati Revisi UU No. 5/ 1990 menjadi Hak Inisiatif DPR.
 
Program BIJAK USAID bekerjasama dengan Pokja Konservasi dan FKKM memfasilitasi Workshop Pengembangan RoadMap, Pembentukan Koalisi dan Penyusunan Isu Strategi Advokasi Bersama untuk Revisi UU Konservasi No. 5/1990:
Hari/tanggal : Rabu dan Kamis/15-16 Maret 2017
Tempat           : Hotel Gren Alia Cikini, Menteng, Jakarta