Dalam laporannya, Bank Dunia (2018) menyatakan bahwa setidaknya hanya sekitar 32% dari penduduk Indonesia yang dikategorikan sebagai kelompok sejahtera. Sedangkan 68% selebihnya masih dikelompokan sebagai golongan penduduk yang miskin atau rentan. Kondisi ini jika
dibandingkan dengan 7 Negara ASEAN, maka posisi Indonesia berada di peringkat kelima. Jauh dibandingkan dengan Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina. Terlebih dibandingkan dengan Singapura.

Langkah kebijakan pembangunan dan lingkungan dipandang perlu oleh berbagai pihak terutama untuk mengurangi terjadinya kesenjangan diantara warga masyarakat. Mewujudkan pembangunan lingkungan bukanlah semata terkait dengan persoalan fisik, melainkan juga berkenaan dengan dimensi kepentingan subjek pelakunya. Hanya saja kerusakan lobi dan penggunaan pengaruh orang atau tokoh.

Sebaliknya orang kaya di negara maju dapat mengatasi dampaknya untuk menyelamatkan diri sendiri dengan berbagai cara dan teknologi yang semuanya mampu dilakukan pengadilan yang menghasilkan pihak pemenang dan pihak yang kalah serta biasanya memakan waktu panjang.

Pelibatan masyarakat dalam pembahasan konflik pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ini memiliki arti penting karena masyarakat merupakan pihak yang dirugikan dan diuntungkan dengan kebijakan.

Lebih lengkapnya mengenai Policy Paper dapat diunduh disini

KONSORSIUM UNTUK RAWA SINGKIL LESTARI
Konsorsium untuk Rawa Singkil Lestari (KORSIL) merupakan Konsorsium yang beranggotakan Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Yayasan Pesona Tropis Alam Indonesia (PETAI). Saat ini KORSIL sedang melaksanakan kegiatan “Peningkatan dan Pengelolaan Konservasi Orangutan di Suaka Margasatwa Rawa Singkil sebagai Bagian Penting dari Habitat Orangutan di Lanskap Leuser” yang didukung dalam program hibah
LESTARI.


Sekretariat:
Jl. Sedap Malam Raya No. 4 Curugmekar, Kec. Bogor Barat,Yasmin – Bogor
Sekretariat Lapangan: Perum. Bidadari Blok F/94, Kota Subulussalam, Aceh
Telepon/Fax: 0251-7592106 email: seknas-fkkm@indo.net.id