FKKM dideklarasikan oleh para pihak pada 24 September 1997 di Fakultas Kehutanan – Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Forum Komunikasi ini didirikan untuk sebagai wadah pertukaran informasi untuk isu Kehutanan Masyarakat dan kebijakan kehutanan di Indonesia. Diharapkan wadah ini dapat membantu merumuskan gagasan dan program untuk gerakan menuju pengembangan Kehutanan Masyarakat di Indonesia.

Visi : Cara pandang pengelolaan hutan masyarakat harus berdasar pada sistem pengelolaan sumberdaya hutan oleh rakyat melalui organisasi masyarakat yang berlandaskan pada prinsip-prinsip keadilan, transparansi, pertanggungjawaban, dan berkelanjutan aspek ekologi, ekonomi, dan sosial budaya.

Misi : Berperan sebagai pendorong (motivator) gerakan menuju cara pandang Kehutanan Masyarakat di Indonesia. Mendukung proses-proses pengembangan kelembagaan Kehutanan Masyarakat melalui penyebaran informasi, pengembangan konsep, penguatan kapasitas dan perumusan kebijakan.

FKKM dibentuk dengan maksud untuk mendorong terciptanya pengelolaan sumberdaya hutan Indonesia yang berkeadilan dan berkelanjutan. FKKMbertujuan memfasilitasi dialog antar para pemangku kepentingan yang terkait dengan pengelolaan sumberdaya hutan dan mewadahi proses belajar multipihak berkenaan dengan pengembangan Kehutanan Masyarakat di Indonesia yang tepat secara ekonomi dan ekologis serta berkesesuaian dengan nilai- nilai sosial budaya masyarakat adat dan lokal.

Anggota FKKM berasal dari berbagai pihak pemangku kepentingan di bidang pengelolaan sumberdaya hutan yang meliputi: pemerintah, pengusaha, akademisi, penggiat ornop (organisasi non pemerintah) dan masyarakat (adat dan lokal).

Hingga Pertemuan Nasional ke-VIII di Cisarua – September 2011, Anggota FKKM menyepakati untuk tidak mem-Badan Hukum-kan FKKM. Namun disepakati bahwa FKKM Nasional dapat membentuk satu atau lebih Badan Hukum untuk menyelenggarakan fungsi-fungsi tertentu.

FKKM Nasional kemudian pada 1 Mei 2012 mendirikan Yayasan Kehutanan Masyarakat Indonesia yang didaftarkan kepada Notaris Marlisa S.H. M.Kn. di Bogor dan kemudian disahkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asazi Manusia Republik Indonesia dengan No: AHU-4243.AH.01.04 Tahun 2012. Pendirian YKMI yang berbadan hukum, diperlukan FKKM dalam bekerjasama dengan pihak lain (lembaga donor).

Yayasan Kehutanan Masyarakat Indonesia atau disingkat menjadi YKMI bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan, dimana kegiatannya antara lain: studi banding, melestarikan lingkungan, dan penelitian. Kegiatan ini selaras dengan Visi Misi FKKM serta perhatian dan keahlian dari Anggota dan Pengurus FKKM. Dalam struktur Yayasan, Anggota & Pengurus FKKM yang mempunyai keahlian tertentu ditempatkan sebagai Expert atau Staf Ahli, jika tidak dalam posisi Badan Pengurus, Pengawas, maupun Pembina Yayasan.

DPN – Dewan Perwalian Nasional

Koordinator :Abdul Halim

Anggota

  1. Dr. Soni Trison S.Hut, MSi.
  2. Ir. H. Anna Juliarti MSc.
  3. Ir. H. Dian Novarina MSc.
  4. Ir. Sera Novianny MSc.
  5. Ir. Wiratno MSc.
  6. Ir. Kustanta MSc.
  7. Ir. Gladi Hardiyanto MSc.
  8. Subhan
  9. Drs. Nurodin

SEKRETARIAT NASIONAL FKKM

Sekretaris Eksekutif Nasional: Andri Santosa, SP

Fasilitator Wilayah

  1. Faswil Aceh : Taufik Siddiq
  2. Faswil Sumatera Barat : Jomi Suhendri
  3. Faswil Kalimantan Barat : Sulaiman
  4. Faswil Papua : Jago Bukit

FKKM Wilayah

  1. FKKM Riau
  2. FKKM Lampung
  3. FKKM Jawa Barat
  4. FKKM Jawa Timur
  5. FKKM Nusa Tenggara Barat
  6. FKKM Nusa Tenggara Timur
  7. FKKM Sulawesi Selatan
  8. FKKM Sulawesi Tengah

Alamat Kantor:

Jl. Sedap Malam Raya No. 4, RT 01/08,
Taman Yasmin Sektor III, Kel. Curug Mekar, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor (16113)
Tel/Fax: 0251-7592106
e‐mail: seknas‐fkkm@indo.net.id

website : http://www.fkkm.org